Apa itu Wibu? Kata “wibu” sendiri entah kenapa cukup populer beberapa tahun belakangan ini. Banyak orang yang sudah tidak awam dengan kata wibu ini. Tapi apakah kalian tahu apa arti dari kata wibu ini?

Wibu adalah kata yang berasal dari sebuah komik strip “Perry Bible Fellowship” yang berjudul weeaboo.

Saat itu, weeaboo sendiri tidak memiliki makna maupun arti dan kemudian pada tahun 2000-an kata ini digunakan untuk menggantikan kata “wapanese” (wanna be Japanese) yaitu orang yang menganggap budaya Jepang memiliki nilai budaya yang lebih tinggi dari pada budaya lain.

Nah, tadi itu adalah sejarahnya dan sekarang trapoo Network akan membahas arti dari wibu ini.

Apa itu Wibu?

Dalam bahasa Indonesia, weeaboo disebut Japanofilia dan wibu adalah cara baca kata weeaboo. Tapi, karena lebih enak didengar dan lebih singkat banyak orang yang menggunakan kata wibu daripada Japanofilia.

Wibu adalah sebutan untuk orang non-Jepang (bukan orang Jepang) yang terlalu cinta, fanatik bahkan tergila-gila pada semua hal yang berkaitan dengan budaya Jepang.

Saking cinta pada budaya Jepang, terkadang wibu itu malah menganggap budaya negaranya sendiri jelek.

Wibu sendiri biasanya dikaitkan dengan orang yang terlalu fanatik terhadap anime, manga, game, cosplay dan budaya pop Jepang. Hal tersebut benar adanya, tapi tidak semua orang yang menyukai anime adalah wibu.

Biar trapoo perjelas lagi, wibu adalah orang yang terlalu fanatik pada budaya yang disebutkan tadi, bukan cuman sekedar suka dan sering menontonnya. Otaku juga orang yang suka pada budaya jepang, tapi wibu dan otaku memiliki perbedaan, tapi itu akan trapoo bahas nanti.

Wibu merupakan tipe orang yang tidak malu memperlihatkan bahwa dia menyukai anime, manga pada orang lain. Intinya, wibu adalah orang yang menyukai budaya jepang secara berlebihan dan tidak malu memperlihatkannya pada orang lain.

Dari mana kita bisa tahu bahwa teman kita adalah seorang wibu? Kalian bisa melihat ciri-ciri wibu dari gaya bicaranya yang Jejepangan, atau dari status sosial media yang dia buat.

Kalau mereka sering buat status tentang budaya Jepang, dan menggunakan foto profil Jejepangan maka mereka bisa dikatakan wibu. Tapi tidak semuanya begitu, itu cuman contoh, hehe.

Contoh lainnya seperti yang ada di gambar di atas, di sana terlihat ada orang yang membawa bantal waifu-nya ke mana-mana.

Nah, itulah tadi arti dan makna wibu yang sudah trapoo bahas. Sudah tahu kan apa itu wibu? Di lain kesempatan, mungkin trapoo akan membahas apa itu Otaku, Nijikon, Hikikomori, dan mungkin akan membahas perbedaan otaku dan wibu juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here