Bila berbicara tentang film horror terbaik, tentunya ada beberapa judul yang langsung terbayang. Setiap tahunnya, sederet, bahkan bisa dikatakan puluhan judul film horror dirilis. Dari berbagai negara dengan beragam rupa dan jenis yang berbeda.

Mulai dari membahas segala hal yang berkaitan dengan supranatural, alien, bahkan jenis film horror yang menghantui alam bawah sadar kita sendiri meski tanpa adanya elemen jump scare di dalamnya. Lalu, dari sekian banyak film horor ini, mana yang bisa dikatakan terbaik?

Di bawah ini, kami mencoba menghadirkan referensi film dengan genre horror terbaik. Tentunya berdasarkan dari penilaian tingkat keseraman, kualitas sinematografi, sampai dengan post production dari film itu sendiri.

Film apa saja sih yang termasuk film horror terbaik? Berikut adalah daftar rekomendasi film horror terbaik sepanjang masa.

Film horror terbaik, paling layak tonton

1The Orphanage (2007)

The Orphanage - Film Horror Terbaik

Film horror yang melibatkan anak-anak selalu meningkatkan kadar keseraman menjadi beberapa persen. Sama halnya dengan film besutan sutradara JA Boyana satu ini.

The Orphanage mengisahkan tentang Laura, yang memutuskan untuk kembali ke rumah masa kecilnya. Sebuah panti asuhan bergaya gothic, di area terpencil berdekatan dengan pantai. Ini saja sepertinya sudah menjadi petunjuk untuk mimpi buruk apa yang siap hadir membayangi.

Laura tak sendirian, ia bersama dengan sang putra Simón yang menderita HIV. Keduanya berniat untuk kembali membuka panti asuhan tersebut demi membantu anak-anak yang mengalami kesulitan belajar.

Mimpi terburuk di panti asuhan tersebut dimulai saat Simón, yang memiliki teman khayalan mulai mengalami hal-hal aneh. Keduanya pun menyadari bahwa mungkin panti asuhan tersebut bukan sekedar rumah biasa.

2The Witch (2015)

The Witch - Film Horror Terbaik

The Witch tanpa diragukan lagi menjadi salah satu film horror terbaik di tahun 2015. Bahkan bisa dibilang dalam satu dekade terakhir.

Film garapan dari Robert Eggers, yang menandai debutnya sebagai sutradara, tak hanya mengangkat kisah yang sama sekali tidak biasa. Namun juga penceritaan, sinematografi, konflik masalah, sampai konklusi di akhir pun rasanya tak bisa ditemui di film lain.

Film yang dibintangi oleh Anna Taylor-Joy ini pun menghadirkan sisi menyeramkan, dan membuat bulu kuduk merinding baru dari penyihir.

3Martyrs (2008)

Martyrs - Film Horror Terbaik

Beberapa review lain mungkin menggolongkan film ini sebagai “kekerasan, kekejaman dan banjir darah tanpa isi”.

Namun percayalah, inilah film terbaik untuk kamu yang mengharapkan film horor yang tak hanya akan membuat merinding ketakutan. Tapi juga terbayang-bayang adegannya setelah berhari-hari. Martyrs, yang merupakan sinema dari Prancis akan menjadi tayangan yang sangat pas.

Film dari Pascal Laugier ini dibuka dengan seorang wanita yang diikuti sosok menyeramkan, bersenjatakan gunting dan sepertinya tak akan akan bisa dikalahkan. Adegan demi adegan selanjutnya pun seakan-akan baku di berbagai film horor dengan sub-genre gore: penyiksaan yang dijamin membuat penontonnya ingin memejamkan mata.

Sekali lagi, ini merupakan salah satu rekomendasi film horor terbaik yang sangat amat layak ditonton.

4Evil Dead (2013)

Evil Dead - Film Horror Terbaik

Para penggemar film horror kemungkinan besar sudah pernah menonton film yang satu ini. Evil Dead merupakan remake dari film horror klasik dengan judul sama besutan sutradara Sam Raimi.

Seperti juga kebanyakan remake lain, Evil Dead yang disutradarai oleh Fede Alvarez ini pun mengambil inti dari jalan cerita. Kemudian mengemasnya dalam tampilan, serta alur cerita baru.

Evil Dead versi Fede Alvarez memang sangat banyak berbeda dari versi klasik dari Raimi. Perbedaan terbesar untuk rilisan 2013 ini jauh lebih menyeramkan dengan elemen gore yang sangat kental.

Film ini bukan hanya akan membawa penontonnya memasuki sisi pandang dari sang korban. Namun bahkan merasakan bagaimana berada di sudut pandang sang monster.

Rasanya, tak berlebihan bila mengatakan bahwa Evil Dead memberikan pengalaman menonton film horor yang sangat berbeda dari pada film-film horor lainnya.

5Pulse (2001)

Pulse - Film Horror Terbaik

Kiyoshi Kurosawa menggarap Pulse bukan sebagai film horror yang mengandalkan jump scare, atau munculnya berbagai jenis monster, zombie, atau pun hantu dengan tampilan menyeramkan di depan layar.

Sebaliknya, Pulse justru menjadi film horror yang berfokus pada cara penuturan cerita, story line yang dibangun dengan begitu hati-hati menuju klimaks sampai membuat bulu kuduk penontonnya berdiri.

Film horror yang satu ini pun, memberikan contoh bahwa menghadirkan film menyeramkan tak perlu mengenai banjir darah atau pun suara yang membuat penonton melompat terkejut.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Anime Dengan Karakter Yang Gue Banget

Pulse menampilkan film horror yang jalan ceritanya saja cukup menjadi bensin untuk mimpi terburuk para penontonnya. Jangan nonton sendirian ya!

6[Rec] (2007)

[Rec] - Film Horror Terbaik

Rasanya, tak mungkin memberikan daftar rekomendasi film horor terbaik tanpa film bernama [Rec] di dalamnya. Yah, walau banyak yang berpendapat [Rec] merupakan film horor yang saat ini sudah terlalu mainstream.

Selain dengan konsep sampai cara penceritaan yang sudah diadopsi di banyak film berbeda (baik itu genre horor atau pun lainnya). Namun tetap tak bisa disangkal, [Rec] merupakan film horror klasik dari dekade ini.

Sisi horor dari film ini, yang membuat para penontonnya seakan terhisap masuk ke dalam cerita, tentu saja dari cara pengambilan gambar. [Rec] menggunakan konsep dokumentari.

Di mana para penonton berada di sisi pengambil gambar untuk merasakan secara langsung pengalaman menyaksikan segala bentuk keseraman yang terjadi.

Efek yang digunakan film ini pun memberikan rasa sesak pada para penontonnya. Lagi-lagi membuat mereka merasa berada sebagai bagian di dalam film.

[Rec] membuktikan diri bahwa memang pada akhirnya tak ada yang lebih seram dari pada mengalami secara “langsung” kejadian-kejadian horor tersebut.

7A Nightmare on Elm Street (1984)

A Nightmare on Elm Street - Film Horror Terbaik

Ya, film ini pun merupakan salah satu film horror klasik yang sepertinya sudah disaksikan oleh banyak penggemar di genre ini.

A Nightmare on Elm Street menghadirkan 2 kombinasi penting dari sebuah film horror yang digarap dengan baik: sinematografi serta adegan-adegan yang masih akan terbayang bahkan puluhan tahun kemudian. Tidak percaya?

Beberapa adegan di film garapan Wes Craven ini, sampai saat ini mungkin saja masih menjadi mimpi buruk dan ketakutan bagi beberapa orang. Mulai dari tangan monster yang muncul dari dalam bathtub, ledakan penuh darah, sampai adegan di atas tempat tidur.

Satu hal yang menjadikan setiap adegan tersebut selalu terbayang, ialah dari sinematografi yang sangat diperhitungkan oleh Wes Craven.

Mulai dari adegan di tempat tidur yang diambil dari sudut langit-langit. Sampai saat tangan monster muncul dari dalam bathtub yang membuat penontonnya seakan dapat melihat tangan yang sama saat mereka mandi nanti.

Sama sekali tak ada keraguan mengapa A Nightmare on Elm Street menjadi film horror terbaik sepanjang masa.

8The Babadook (2014)

The Babadook - Film Horror Terbaik

Tak ada yang salah dengan film horror yang dipenuhi dengan jump scare. Walau pun lagi-lagi, banyak kritikan yang menilai film sejenis ini sebagai “kurang kreatif” sampai tak memiliki efek seram selain mengagetkan.

Jangan khawatir, The Babadook membuktikan bahwa jump scare di film horor masih tetap efektif membuat penontonnya ketakutan saat meninggalkan kursi mereka di bioskop.

The Babadook mengisahkan tentang seorang ibu, single parent yang harus menghadapi perilaku dari sang putra yang semakin buruk.

Saat hari ulang tahunnya semakin dekat, yang rupanya bersamaan dengan anniversary dari kecelakaan mobil yang menewaskan sang suami. Keluarga ini menghadapi hal yang tidak biasa.

Pada teori, cerita tentang monster atau pun hantu yang membayangi sebuah keluarga memang over-used. Terlalu banyak dan sering digunakan di berbagai judul film berbeda.

Untungnya, The Babadook memberikan kemasan berbeda untuk sebuah cerita klise tersebut. Menghadirkan film horror yang bukan sekedar membuat penontonnya kaget dengan jump scare yang ada. Tapi benar-benar ketakutan.

9Shaun of the Dead (2004)

Shaun of the Dead - Film Horror Terbaik

Satu lagi judul film yang sepertinya sama sekali tak asing untuk movie junkie. Terutama para penggemar genre horror. Shaun of the Dead merupakan bagian pertama dari trilogi yang digarap oleh Edgar Wright dan Simon Pegg.

Bila menyaksikan film ini, mulai dari komposisi, sinematografi sampai gaya penyutradaraan, rasanya tak akan sadar bahwa Shaun of the Dead merupakan film pertama gubahan duo Edgar Wright dan Simon Pegg.

Film horror legendaris ini memiliki semua yang kamu inginkan dalam sebuah tontonan. Perpaduan dari out the book horror story dengan elemen romansa, komedi, bahkan juga sisipan genre coming of age.

Shaun of the Dead seakan menyajikan berbagai ragam tontonan untuk semua jenis penonton berbeda. Menariknya, dalam porsi yang pas.

Satu hal yang pasti dari film satu ini, tak akan cukup untuk menyaksikan Shaun of the Dead hanya satu kali. Ada banyak sekali sisi yang perlu digali pada saat menonton film ini untuk kali kedua atau bahkan ketiga.

10The Exorcist (1973)

The Exorcist - Film Horror Terbaik

Penggemar film horror atau bukan, kamu sudah pasti pernah menonton film satu ini. Minimal mendengar mengenainya. The Exorcist merupakan salah satu film horor paling legendaris dan dikenal luas. Sampai saat ini, film tersebut masih dijadikan referensi bagi sederet tayangan horor lain.

The Exorcist seakan menjadi sebuah “baku” bagaimana film horror seharusnya. Menyeramkan. Adegan yang bukan hanya menjadi inspirasi bagi banyak film horror berikutnya. Namun juga menghadirkan trauma serta mimpi buruk bagi penontonnya.

Baca Juga:  15 Rekomendasi Anime Historical Terbaik

Film ini sendiri bahkan sempat ditentang penayangannya di banyak negara kala itu.

Seperti yang sudah diketahui, The Exorcist mengisahkan tentang usaha pengeluaran arwah jahat atau setan dari tubuh seorang anak perempuan. Detailnya? Wajib tonton sendiri.

11Poltergeist (1982)

Poltergeist - Film Horror Terbaik

Jarang sekali ada film horror yang mendapatkan rating PG, alias bisa ditonton anak di bawah umur. Namun hingga saat ini, Poltergeist mampu terhindar dari jeratan rating R.

Film horror terbaik berikut ini memang tak menunjukan aksi umbar darah atau pun rentetan adegan yang membuat penontonya trauma.

Sebaliknya, Poltergeist justru mengeksekusi dengan baik adegan demi adegan menyeramkan menggunakan boneka badut, tulang belulang, dan berbagai prop lain yang terdengar “lame”. Namun sebaliknya terbukti bisa berakhir menyeramkan.

Film horor terbaik satu ini memang tetap tak akan dianjurkan untuk ditonton oleh anak-anak. Mengingat beberapa adegan dijamin akan menimbulkan penggambaran mental yang cukup menyeramkan.

Namun di sisi lain, bila mencari tontonan film horror yang sangat seram tanpa berlebihan, Poltergeist menjadi pilihan pertama.

12The Cabin In the Woods (2012)

The Cabin In the Woods - Film Horror Terbaik

Bila mengintip berbagai daftar film terbaik bergenre horror di situs review ternama, maka judul satu ini sudah pasti ditemukan. The Cabin In the Woods merupakan contoh bagaimana film horror kadang tak perlu berbagai plot twist atau pun jalan cerita “wah” untuk menjadi berkualitas.

Di sisi lain, penggarapan dari duo sutradara Drew Goddard dan Joss Whedon pun sangat berjasa untuk membuat film horror cliche ini sangat layak ditonton.

Ceritanya sendiri tak terlalu luar biasa. Malah bisa dikatakan merupakan skenario baku sebuah film horror. Namun, detail sinematografi, akting dari para pemeran utama, penyelesaian konflik, sampai efek suara dan visual yang ditampilkan memberikan pengalaman lebih dari sekedar film horror biasa.

The Cabin In the Woods pun sama sekali tidak ragu menyisipkan elemen komedi, tanpa membuat film ini terdengar kacangan. Well done horror movie.

13The Texas Chainsaw Massacre (1974)

The Texas Chainsaw Massacre - Film Horror Terbaik

Ya, kita memang masih belum selesai memberikan daftar untuk film horror terbaik legendaris dan seakan sudah menjadi sejarah tersendiri. Setelah beberapa judul well-known film di atas, berikutnya ada The Texas Chainsaw Massacre.

Bila The Exorcist dijadikan sebagai standard dan juga referensi untuk film horror. Maka The Texas Chainsaw Massacre seakan sudah masuk hand-book bagaimana sebuah film horror, thriller dan gore digarap.

Adegan demi adegan, kengerian demi kengerian dalam film ini dijamin akan membuat siapapun penontonnya takut pada 3 hal: bangunan rumah asing, gergaji mesin, serta kehabisan bensin di antah berantah.

Selamat mengalami mimpi buruk setelah menyaksikan salah satu film paling cerdas sepanjang masa ini.

14Halloween (1978)

Halloween - Film Horror Terbaik

Film horror klasik berikutnya yang masuk ke dalam daftar kita adalah Halloween. Sangat jauh membayangkan Halloween versi 1978 dengan remake yang baru dibuat belum lama ini. Seperti banyak film lain, Halloween masih berada di peringkat atas yang sulit dijangkau oleh remake-nya sekalipun.

Halloween digarap oleh John Carpenter dan sang kekasih saat itu, Debra Hill. Keduanya berharap untuk menciptakan film dengan efek serta pengaruh sebesar The Exorcist.

Sekali lagi mengingatkan kita betapa besarnya pengaruh The Exorcist untuk dunia per-horror-film-an. Pada akhirnya, Halloween memang sukses besar.

Karakter Michael Myers yang ada di Halloween bahkan menjadi sebuah simbol dari kekejaman. Sosok seorang psikopat yang tak membutuhkan alasan apapun untuk membunuh serta melukai para korbannya. Perfect villain.

Jangan bayangkan Halloween akan seperti The Texas Chainsaw Massacre yang penuh pertumpahan darah. Sebaliknya, Halloween menghadirkan kengerian dari sosok yang bersembunyi di kegelapan, mengintai dan membunuh dalam diam.

Namun tetap saja efeknya bukan hanya membuat merinding saja. Tapi ketakutan untuk tidur sendirian!

15Audition (1999)

Audition - Film Horror Terbaik

Tak banyak yang menyebut Audition sebagai film horor terbaik. Salah satunya karena alur cerita yang lambat di awal, minimnya dialog, serta karakter yang sepertinya terlalu kaku.

Selain itu, tak ada jump scare atau pun pertumpahan darah. Audition justru mendekati sisi menakutkan dengan mempermainkan emosi para penontonnya.

Penonton akan dibuat jaruh iba pada sang pria yang kesepian dan berusaha melakukan audisi untuk mendapatkan istri. Merasakan bagaimana perasaan dalam kesendirian. Jalur cerita yang tak terduga justru yang menjadikan Audition sangat layak ditonton, bahkan mungkin tak hanya satu kali.

Film ini memang tak akan memberikan mimpi buruk. Namun yang pasti akan membuat bulu kuduk berdiri. Satu lagi film horor terbaik dari Jepang.


Nah, tadi adalah daftar rekomendasi film horror terbaik versi trapoo. Bagaimana pendapatmu tentang daftar rekomendasi di atas? Punya rekomendasi film horror lainnya? Coba bagikan pendapatmu dengan cara berkomentar di bawah ini.